Amerika Serikat Mengatakan Mereka Percaya ISIS Ada Dibalik Ledakan yang Menewaskan Puluhan Orang di Iran

American officials believe that Wednesday’s bombing attack in Kerman, Iran, was most likely the work of the Islamic State – a preliminary assessment based on intelligence, according to four American officials, who cautioned that no final conclusions have been drawn. Two regional military officials also said they believed the Islamic State had perpetrated the attack, which killed 84 people during a memorial ceremony at the tomb of Maj. Gen. Qassim Suleimani, who was assassinated four years ago in an American drone attack. Some Iranian leaders initially appeared to blame Israel for the attack, but the American officials said early intelligence assessments indicated that Israel was not behind the explosions. Although Israel is believed to have regularly carried out covert operations in Iran, they have typically been targeted operations against specific individuals, Iranian scientists or officials, or strikes to destroy nuclear or weapons facilities. The American officials, who spoke on the condition of anonymity to discuss intelligence matters, cautioned that their assessment on the bombings could evolve. Iran held a national day of mourning on Thursday to honor victims of the twin explosions, which occurred not only at a tense moment in the Middle East, but also on a highly symbolic day for some Iranians – the fourth anniversary of General Suleimani’s death. General Suleimani, the powerful military leader regarded as a malign force in the West, is revered among many Iranians, especially those who support the government. Iranian officials had put the death toll for the two blasts at 103 on Wednesday. But the interior minister, Ahmad Vahidi, said on Thursday that 84 had been killed, according to Tasnim, a semiofficial news agency. Speaking during a visit to a hospital that was treating people wounded in the explosions, Mr. Vahidi said the death toll might rise again because of the grave condition of some of the injured. A total of 284 were wounded in the attack, including 220 still hospitalized in Kerman, many of whom were in stable condition or requiring minor surgeries, he said, according to Tasnim. Iran’s leaders continued denouncing what they called a terrorist attack and promising to punish the perpetrators. But they had not, so far, escalated their rhetoric against Israel. “The blind and spiteful act was to induce insecurity in the country and take revenge on the love and devotion of the great nation of Iran, especially the zealous young generation, to the martyr Qassim Suleimani,” read a Thursday statement from the Islamic Revolutionary Guards Corps, according to Fars, another semiofficial news agency. The Revolutionary Guard Corps is the powerful military-security apparatus where General Suleimani was a top leader. Six Israeli officials, who spoke on the condition of anonymity to discuss such intelligence matters, strongly denied that Israel had any role in the attack. If the Islamic State was behind the bombing in Iran, it would represent a bloody resurgence for the group, which has been decimated by years of attacks from an American-led coalition in the region. American officials said that if the Islamic State did turn out to have been responsible, it was unlikely that the group’s intention was to frame Israel for the bombings or set off a wider war. Instead, it could have been seizing an opportunity to hit an enemy: The Islamic State, a Sunni Islamist group, has long been opposed to Iran, which has a Shiite Islamic government. The group has claimed responsibility for several previous attacks on Iran, including most recently in October 2022, when a gunman killed 13 people at a shrine in the city of Shiraz. Mick Mulroy, who served as a Pentagon official in the Trump administration, said the Islamic State could have carried out the attack, because it has “no love lost” for Iran. “But it does seem like an odd time to launch an attack with the current conflict in Gaza and the unified Muslim support for the Palestinians,” he said. Colin P. Clarke, a counterterrorism analyst at the Soufan Group, a security consulting firm based in New York, said he suspected the Islamic State’s Khorasan affiliate, also known as ISIS-K, as a likely perpetrator of the attack. “ISIS-K has demonstrated both intent and capability to attack targets inside Iran proper,” Mr. Clarke said. “ISIS-K wants to attack Iran, because Tehran is the most prominent Shia power and the ire of ISIS-K’s highly sectarian agenda. More so than other ISIS branches, ISIS-K propaganda continuously focuses on denigrating Shia as apostates.” Mr. Clarke said the attack at the commemoration ceremony, a highly symbolic and sectarian target given General Suleimani’s stature as the architect of the Tehran-led Shiite axis in the region, fit the group’s method of attacks. But even if Israel – one of Iran’s longtime archenemies – is not responsible, Iran “is likely to get a lot of propaganda mileage out of either directly blaming the Israelis or letting Iranians believe who was responsible,” Mr. Clarke said. Tasnim, the news agency, reported that the first explosion occurred at 3:04 p.m. Wednesday as people crowded the road leading toward General Suleimani’s tomb. The second blast came 13 minutes later, it said. Another semiofficial news agency, IRNA, quoted a police spokesperson as saying that three police officers had been killed in the explosions while trying to help other victims. The commemoration ceremony was held to mark the fourth anniversary of General Suleimani’s assassination in an American drone strike at Baghdad airport in January 2020. Similar ceremonies honoring the general are held annually.

Membaca  Inggris Raya Akan Melarang Vape Sekali Pakai untuk Mencegah Penggunaan oleh Anak-anak

Pejabat Amerika percaya bahwa serangan bom pada hari Rabu di Kerman, Iran, kemungkinan besar adalah karya Negara Islam – penilaian awal berdasarkan intelijen, menurut empat pejabat Amerika, yang memperingatkan bahwa belum ada kesimpulan akhir yang diambil. Dua pejabat militer regional juga mengatakan bahwa mereka percaya Negara Islam telah melakukan serangan itu, yang menewaskan 84 orang selama upacara peringatan di makam Jenderal Suleimani, yang dibunuh empat tahun lalu dalam serangan drone Amerika. Beberapa pemimpin Iran awalnya tampak menyalahkan Israel atas serangan itu, tetapi pejabat Amerika mengatakan penilaian intelijen awal menunjukkan bahwa Israel tidak ada di belakang ledakan itu. Meskipun Israel diyakini secara teratur melakukan operasi rahasia di Iran, operasi itu biasanya merupakan operasi yang ditargetkan terhadap individu-individu tertentu, ilmuwan atau pejabat Iran, atau serangan untuk menghancurkan fasilitas nuklir atau senjata. Pejabat Amerika, yang berbicara dengan syarat anonimitas untuk mendiskusikan masalah intelijen, memperingatkan bahwa penilaian mereka terhadap serangan bom bisa berubah. Iran mengadakan hari berkabung nasional pada hari Kamis untuk menghormati korban ledakan ganda, yang terjadi tidak hanya pada saat tegang di Timur Tengah, tetapi juga pada hari yang sangat simbolis bagi sebagian orang Iran – ulang tahun keempat kematian Jenderal Suleimani. Jenderal Suleimani, pemimpin militer berpengaruh yang dianggap sebagai kekuatan jahat di Barat, sangat dihormati oleh banyak orang Iran, terutama mereka yang mendukung pemerintah. Pejabat Iran pada awalnya menyebut jumlah korban tewas akibat kedua ledakan tersebut adalah 103 pada hari Rabu. Namun, Menteri Dalam Negeri, Ahmad Vahidi, mengatakan pada hari Kamis bahwa 84 orang telah tewas, menurut Tasnim, sebuah kantor berita semiofisial. Berbicara selama kunjungan ke rumah sakit yang merawat orang-orang yang terluka dalam ledakan itu, Bapak Vahidi mengatakan jumlah korban tewas mungkin akan naik lagi karena kondisi serius beberapa orang yang terluka. Sebanyak 284 orang terluka dalam serangan itu, termasuk 220 yang masih dirawat di Kerman, banyak di antaranya dalam kondisi stabil atau memerlukan operasi kecil, kata Tasnim. Pemimpin Iran terus mengutuk apa yang mereka sebut sebagai serangan teroris dan berjanji untuk menghukum pelakunya. Tetapi mereka belum, sejauh ini, meningkatkan retorika mereka terhadap Israel. “Tindakan buta dan penuh dendam itu dimaksudkan untuk menimbulkan ketidakamanan di negara dan membalas cinta dan pengabdian bangsa Iran yang besar, terutama generasi muda yang bersemangat, kepada syahid Qassim Suleimani,” demikian pernyataan Kamis dari Garda Revolusi Islam, menurut Fars, agensi berita lain yang semi resmi. Garda Revolusi adalah lembaga keamanan militer yang kuat di mana Jenderal Suleimani adalah pemimpin tertinggi. Enam pejabat Israel, yang berbicara dengan syarat anonimitas untuk membicarakan masalah intelijen tersebut, dengan tegas membantah bahwa Israel memiliki peran dalam serangan itu. Jika Negara Islam ada di balik serangan bom di Iran, itu akan menandakan munculnya kembali kelompok tersebut, yang telah dihancurkan oleh serangan dari koalisi pimpinan Amerika selama bertahun-tahun di wilayah tersebut. Pejabat Amerika mengatakan bahwa jika Negara Islam ternyata bertanggung jawab, kemungkinan kelompok itu tidak berniat untuk menimpakan serangan bom kepada Israel atau menciptakan perang yang lebih luas. Sebaliknya, itu bisa merupakan kesempatan untuk menyerang musuh: Negara Islam, kelompok Islam Sunni, telah lama menentang Iran, yang memiliki pemerintahan Islam Syiah. Kelompok itu telah mengklaim tanggung jawab atas beberapa serangan sebelumnya di Iran, termasuk yang paling baru pada Oktober 2022, ketika seorang penembak menewaskan 13 orang di sebuah tempat ziarah di kota Shiraz. Mick Mulroy, yang menjabat sebagai pejabat Pentagon di administrasi Trump, mengatakan Negara Islam bisa saja melakukan serangan itu, karena mereka “tidak ada cinta yang hilang” untuk Iran. Namun, tampaknya saat yang aneh untuk melancarkan serangan hingga ada konflik saat ini di Gaza dan dukungan Muslim yang bersatu bagi Palestina,” katanya. Colin P. Clarke, seorang analis kontra-terorisme di Soufan Group, sebuah perusahaan konsultan keamanan berbasis di New York, mengatakan bahwa ia menduga afiliasi Khorasan Negara Islam, juga dikenal sebagai ISIS-K, sebagai pelaku serangan yang mungkin. “ISIS-K telah menunjukkan niat dan kemampuan untuk menyerang target di Iran,” kata Mr. Clarke. “ISIS-K ingin menyerang Iran, karena Tehran adalah kekuatan Syiah yang paling menonjol dan amarah dari agenda sektarian yang sangat ISIS-K. Lebih dari cabang-cabang ISIS lainnya, propaganda ISIS-K terus-menerus fokus pada mendiskreditkan Syiah sebagai murtadin.” Mr. Clarke mengatakan serangan pada upacara peringatan, target yang sangat simbolis dan sektarian mengingat kedudukan Jenderal Suleimani sebagai arsitek aksis Syiah yang dipimpin oleh Tehran di wilayah tersebut, sesuai dengan metode serangan kelompok tersebut. Tetapi bahkan jika Israel – salah satu musuh bebuyutan Iran – tidak bertanggung jawab, Iran “kemungkinan akan mendapat keuntungan propaganda yang besar baik dengan langsung menyalahkan Israel atau membiarkan orang Iran percaya siapa yang bertanggung jawab,” kata Mr. Clarke. Tasnim, agen berita, melaporkan bahwa ledakan pertama terjadi pada pukul 15:04 Rabu ketika orang-orang memadati jalan menuju makam Jenderal Suleimani. Ledakan kedua terjadi 13 menit kemudian, katanya. Agen berita semiofisial lain, IRNA, mengutip juru bicara polisi yang mengatakan bahwa tiga perwira polisi tewas dalam ledakan itu saat mencoba membantu korban lainnya. Upacara peringatan diadakan untuk menandai ulang tahun keempat pembunuhan Jenderal Suleimani dalam serangan drone Amerika di bandara Baghdad pada Januari 2020. Upacara serupa untuk menghormati jenderal diadakan setiap tahun.

Membaca  Kelas Senin: Serangan yang Dipimpin oleh AS pada Akhir Pekan

Leily Nikounazar, Eric Schmitt, dan David E. Sanger berkontribusi pada pelaporan.